Istilah "Setingan Basah/Kering" sering di dengar dikalangan pecinta
motor ninja 2tak/4tak. Dan umumnya, Istilah tsb adalah perbandingan
komposisi campuran udara+bensin yang diatur pada Karburator. Istilah
Setingan Basah yg berarti perbandingan komposisi bensin lebih banyak
dari udara dari komposisi normal pada karburator. Dan setingan Kering
yang berarti kebalikannya. Untuk mengetahui setingan karbu kita basah
atau kering dapat dibaca dari teriakan mesin, atau bisa dengan melihat
warna kepala busi kita. Kalo warna kepala busi kita merah bata itu
berarti setingan kita normal ato seimbang antara bensin & udara dst.
( mohon koreksinya dari suhu2,.. kalau terjadi salah penafsiran )
Penyetelan setingan kering ato basah sebenarnya lebih mengacu pada
kebutuhan mesin anda masing2. terlebih mesin yg sudah tidak standard
pabrikan alias dikorek. Sebaiknya kita dapat membaca teriakan mesin agar
kita dapat menentukan setingan yg pas untuk mesin. Pada mesin2 korekan
yg agak keras, ada mekanik yg cenderung memberi setingan basah pada
motor2nya, Karena Karakter korekan yg dibuat menuntut pasokan bahan
bakar lebih banyak guna mengimbangi kompresi yg tinggi serta gerakan
naik turun pistonyg dipaksa untuk lebih cepat dari mesin standar,
sehingga pembakaran tetap terjaga konstan dan padat pada putaran yg
sangat tinggi / untuk putaran atas. Tapi ada juga mekanik yg memiliki
type korekan ato gaya modifikasi mesin yg berbeda prinsipnya sehingga
kalo pada putaran tinggi diberi setingan basah malah motor pembakarannya
kurang bersih / istilahnya blebek atau ngorok dsb.
Untuk mendapatkan posisi setingan basah/Kering, pada karburator part nya
adalah spuyer,pilot,jarum skep,baut setingan angin dll. Prinsip kerja
karburator adalah memberi pasokan bahan bakar+udara yg telah dikabutkan /
sebagai contoh semprotan anti nyamuk yg manual pake pompa tangan.
Bensin yg ditampung pada mangkok karburator akan dikabutkan akibat daya
tarik/(sedotan udara) piston waktu piston tsb bergerak kebawah. Dan
part2 dikarburator yg disebutkan diataslah yg akan mengatur berapa
komposisi bensin yg akan dikabutkan bersama udara.
Jadi kebutuhan setingan basah / kering lebih cocok diterapkan pd motor
kita disesuaikan dengan kebutuhan mesin kita sendiri sesuai dengan type
ato korekan ato modifikasi yang telah diterapkan pada mesin. Coba kenali
dan raba naiknya teriakan2 mesin kita pada setiap tingkat percepatan,
lakukan seting angin yg tepat juga cari kombinasi spuyer / pilot yg
benar2 pas. Disarankan bagi yang belum paham benar dengan seting karbu
agar meminta guide / petunjuk pada mekanik / rekan2 yg sudah paham untuk
menghidari hal2 yg tidak diinginkan. Nah kalo setingan karbu sudah
pas.. pastikan karakter cara berkendara pribadi anda sesuai dengan
karakter settingan... dilarang mencontek atau mngkopi settingan milik
pengendara lain, karena dapat berakibat atal bila tidak sesuai dengan
cara pribadi anda berkendara..
Regards,
Haryono BKRC #013 Jakarta - Wakil Ketua Umum
repost by : Rezza BKRC #011 Jakarta - Divisi IT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar