Settingan Basah / Kering

Istilah "Setingan Basah/Kering" sering di dengar dikalangan pecinta motor ninja 2tak/4tak. Dan umumnya, Istilah tsb adalah perbandingan komposisi campuran udara+bensin yang diatur pada Karburator. Istilah Setingan Basah yg berarti perbandingan komposisi bensin lebih banyak dari udara dari komposisi normal pada karburator. Dan setingan Kering yang berarti kebalikannya. Untuk mengetahui setingan karbu kita basah atau kering dapat dibaca dari teriakan mesin, atau bisa dengan melihat warna kepala busi kita. Kalo warna kepala busi kita merah bata itu berarti setingan kita normal ato seimbang antara bensin & udara dst. ( mohon koreksinya dari suhu2,.. kalau terjadi salah penafsiran )

Penyetelan setingan kering ato basah sebenarnya lebih mengacu pada kebutuhan mesin anda masing2. terlebih mesin yg sudah tidak standard pabrikan alias dikorek. Sebaiknya kita dapat membaca teriakan mesin agar kita dapat menentukan setingan yg pas untuk mesin. Pada mesin2 korekan yg agak keras, ada mekanik yg cenderung memberi setingan basah pada motor2nya, Karena Karakter korekan yg dibuat menuntut pasokan bahan bakar lebih banyak guna mengimbangi kompresi yg tinggi serta gerakan naik turun pistonyg dipaksa untuk lebih cepat dari mesin standar, sehingga pembakaran tetap terjaga konstan dan padat pada putaran yg sangat tinggi / untuk putaran atas. Tapi ada juga mekanik yg memiliki type korekan ato gaya modifikasi mesin yg berbeda prinsipnya sehingga kalo pada putaran tinggi diberi setingan basah malah motor pembakarannya kurang bersih / istilahnya blebek atau ngorok dsb.

Untuk mendapatkan posisi setingan basah/Kering, pada karburator part nya adalah spuyer,pilot,jarum skep,baut setingan angin dll. Prinsip kerja karburator adalah memberi pasokan bahan bakar+udara yg telah dikabutkan / sebagai contoh semprotan anti nyamuk yg manual pake pompa tangan. Bensin yg ditampung pada mangkok karburator akan dikabutkan akibat daya tarik/(sedotan udara) piston waktu piston tsb bergerak kebawah. Dan part2 dikarburator yg disebutkan diataslah yg akan mengatur berapa komposisi bensin yg akan dikabutkan bersama udara.

Jadi kebutuhan setingan basah / kering lebih cocok diterapkan pd motor kita disesuaikan dengan kebutuhan mesin kita sendiri sesuai dengan type ato korekan ato modifikasi yang telah diterapkan pada mesin. Coba kenali dan raba naiknya teriakan2 mesin kita pada setiap tingkat percepatan, lakukan seting angin yg tepat juga cari kombinasi spuyer / pilot yg benar2 pas. Disarankan bagi yang belum paham benar dengan seting karbu agar meminta guide / petunjuk pada mekanik / rekan2 yg sudah paham untuk menghidari hal2 yg tidak diinginkan. Nah kalo setingan karbu sudah pas.. pastikan karakter cara berkendara pribadi anda sesuai dengan karakter settingan... dilarang mencontek atau mngkopi settingan milik pengendara lain, karena dapat berakibat atal bila tidak sesuai dengan cara pribadi anda berkendara..


Regards,
Haryono BKRC #013 Jakarta - Wakil Ketua Umum

repost by : Rezza BKRC #011 Jakarta - Divisi IT

Tidak ada komentar: