Tata Krama Touring



Tata Krama Touring & PersiapannyaYang pertama dan yang paling wajib adalah Berdo'a dan memohon kepada Tuhan YME agar acara touring berjalan dengan lancar

HAL2 PENTING YG HARUS DI PATUHI PETUGAS & PESERTA TURING


KONDISI FISIK


Prepare Mau berangkat
  1. Diharapkan seluruh peserta turing dalam kondisi SEHAT.
  2. Dianjurkan sudah melakukan pemanasan tubuh sebelum mengendarai motornya.
  3. Dianjurkan CUKUP ISTIRAHAT sebelum keberangkatan turing .
  4. Dianjurkan untuk makan makanan yg bergizi, yg mengandung karbohidrat dan proteinsebelum keberangkatan turing, demi menjaga kondisi tetap primapada saat perjalanan.
  5. Dianjurkan untuk minum minuman suplemen penambah tenaga agar kondisitetap terjaga dan tidak mengantuk selama perjalanan.

PERLENGKAPAN DIRI
  1. Pakaian dan peralatan pribadi
    • Baju dan Celana ganti.
    • Baju hangat/sweater.
    • Sarung/Sleeping Bag/Matras.
    • Kaos kaki cadangan.
    • Peralatan MCK (handuk, sabun, sikat gigi, pasta, dll.)
  2. Perbekalan
    • Makanan kecil/snack/roti.
    • Air mineral/suplemen.
  3. Peralatan Penunjang
    • Senter
    • Kantong plastik secukupnya
    • Tali secukupnya
    • Solatip/lagban
    • Gunting
    • Pisau cutter.
  4. Surat-surat (diri dan kendaraan)
    • SIM
    • STNK
    • KTP
    • dll
  5. Peralatan Pengendara (Standar Safety Riding)
    • Helm (Half/Full Face) Standart SNI, Lebih baik DOT/SNELL
    • Sepatu menutupi mata kaki.
    • Jaket touring.
    • Sarung tangan (dianjurkan yg full finger)
    • Jas hujan (bukan ponco)
    • Rompi/Body protector
    • Balac/Kupluk
    • Arm & Knee Protector
    • Pembonceng wajib memakai Helm keamanan

Prepare pulang
  1. Fungsi STANDAR kelengkapan motor harus tetap terpasang dan berfungsi.[/b]
    • Kaca spion kanan – kiri.
    • Klakson.
    • Lampu Depan, lampu sein, lampu rem
    • Spatbor (jika perlu diberi tambahan)
    • Ban (depan min. ukuran 2.50, belakang min. ukuran 2.75)
    • Speedo meter, indikator bensin, dll.
  2. Motor sudah di TUNE-UP, minimal seminggu sebelum keberangkatanturing.
    • Stel klep.
    • Setting dan Clean Karburtaor + saringan.
    • Ganti oli.
    • Cek busi.
    • Cek kopling.
    • Cek rantai keteng.
    • Cek spul dan magnet.
  3. Periksa ketinggian air ACCU.
  4. Cek CDI, Coil, Kiprok.
  5. Cek kanvas REM.
  6. Minyak rem (untuk rem cakram).
  7. Cek tekan angin pada BAN dan kelayakannya.
  8. Cek VELG.
  9. Cek KELISTRIKAN/lampu dan kabel2 penunjang,
    • Sekering.
    • Lampu malam (jauh/dekat).
    • Lampu senja.
    • Lampu rem.
    • Lampu sein.
    • Lampu indikator.
    • Lampu Aksesories.
    • socket2 kabel dan relay (bersih dan tidak berkerak).
    • kabel2 dalam keadaan baik.
  10. Cek fungsi SWITCH/tombol2 pd stang.
  11. Cek ketegangan RANTAI.
  12. Cek dan kencangkan semua BAUT yg terpasang pd motor.

PERALATAN PENUNJANG (wajib)
  1. Tool kits (standar).
    • Kunci pas/ring.
    • Kunci Busi.
    • Tang.
    • Obeng plus/min.
    • Kunci inggris.
  2. Baut, mur, ring (cadangan).
  3. Bola lampu (cadangan)
  4. Sekering (cadangan min. 2 buah).
  5. Busi (cadangan).
  6. Tali kopling (cadangan).
  7. Kabel (cadangan).
  8. Lap/kain.
  9. Ban Dalam
  10. Sambungan Rantai
  11. P3K
  12. Jas Hujan

PERALATAN PENUNJANG (tidak wajib)
  1. Oli
  2. Air accu
  3. Chain lube/WD40
  4. Tip-top
  5. Ampelas
  6. Power glue
  7. Tali Tambang

********** 

TATA TERTIB

 

Prepare

Seluruh peserta turing di harapkan hadir 3~2 jam sebelum keberangkatan,agar bisa mengikuti briefing pelaksanaan tata tertib ketentuan dalamperjalanan, juga agar bisa dilakukan pengecekan/scruiting kendaraan seluruhpeserta oleh UKB, serta persiapan2 lainnya.

TATA TERTIB PESERTA TURING
  1. Mematuhi peraturan Lalu Lintas.
  2. Diharapkan tidak bercanda/ngobrol dengan sesama peserta (apabila tidakdiperlukan).
  3. Tidak di perbolehkan melakukan manouver2 yg sekiranya membahayakan dirisendiri, peserta lain juga pengguna jalan lain.
  4. Saling menghormati dengan sesama pengguna jalan.
    • Tidak berbuat arogan dan meng-intimidasi pengguna jalan lain.
    • Memberi kode dan isyarat dgn sopan ketika meminta jalan, juga jangan lupa memberi ucapkan terima kasih sesudahnya dengan mengacungkan jempol.
  5. Mengikuti semua petunjuk dari Road Captain (RC), serta wajib meneruskansemua petunjuk tadi ke seluruh barisan hingga barisan yg paling belakang.
    • Kode tangan (Hand Code)
    • Kode kaki (Foot Code)
  6. Peserta turing wajib mentaati perintah dari petugas turing (RC, Blocker,Sweeper)
  7. Tidak menyalakan/membunyikan sirene atau klakson secara terus menerusselama lm perjalanan, kecuali pada saat2 yg memang sangat diperlukan.
  8. Tidak boleh sambil merokok selama berkendara.
  9. Tidak menggunakan/dalam pengaruh obat2an.Dan yang terpenting adalah kode atau signal signal tangan ataupun kaki yang digunakan dalam perjalanan ketika sedang touring, untuk memberi kode pada rider di belakang kita akan adanya rintangan atau kode kode lain nya.

Hand Signal Touring

Demikian penjelasan tentang persiapan dan tata tertib touring yg wajib dimengertidan dipatuhi Oleh semua petugas dan peserta Turing.DEMI KENYAMANAN DAN KESELAMATAN SELURUH PESERTA TOURING, Ketua dengan berat hati tidak mengijinkan peserta yang tidak memenuhi kriteria keselamatan berkendara yang sudah di sebutkan diatas untuk mengikuti touring.

Mari kita Kampanye-kan Disiplin Berkendara, Tertib Lalin dan menghormatisesama pengguna jalan.

Mari kita minimalkan resiko kecelakaan yg mungkin terjadi.

Mudah2an semua itu bisa mengangkat citra bikers di masyarakat pada umumnya,juga sesama pengguna jalan pada khususnya. 

~Rezza BKRC Jakarta #011, Divisi Information Technology (IT)

Tidak ada komentar: