Kenali Penyebab Bensin Banjir


Banyak hal penyebab motor alami mogok di jalan. Salah satunya jika karburator banjir. Disebut banjir karena bensin keluar dari mangkuk karbu. Bahkan masuk ke dalam ruang bakar membuat mesin tidak mau hidup.

Jika hal ini menimpa tunggangan, pasti jengkel. Apalagi jika tidak mengerti cara mengatasinya. Berikut langkah sederhana mensiasati karburator banjir. Tapi, sebelumnya ketahui dulu ciri-cirinya, tercium bau bensin dan sedikit basah pada busi juga moncong karbu.

Nah, jika karbu benar-benar banjir, jangan paksa menghidupkan mesin. Sebab bahan bakar yang masuk ke ruang bakar akan bertambah banyak.

Namun akan cepat teratasi jika baut penguras bensin pada karburator dibuka. Kemudian pasang kembali. Akan lebih sempurna jika slang filter udara dibuka. Lalu bersihkan bensin yang terdapat pada mulut atau ujung karburator pakai kain.

Langkah berikutnya buka busi bila terlihat agak basah. Terus bersihkan kepala busi menggunakan lap hingga kering. Namun biar aman, jauhkan kabel busi dari busi dan lubang busi untuk menghindari percikan api dari kabel busi.

Kalau semua sudah kering, memastikan tak ada lagi bensin di ruang bakar, gerakan seher dengan cara menekan kick starter berulang-ulang tanpa menghidupkan kunci kontak. Baru deh semua komponen yang dilepas bisa dipasang kembali.  (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: