Trik Pilih Rantai, Jangan Yang Kemasannya Becek Pelumas


Tidak semua pemilik motor paham pentingnya ganti rantai roda harus 1 set dengan gir. Sehingga dapat memperpanjang usia pakai karena ausnya secara bersamaan. Apalagi menggunakan part OEM atau produk aftermarket ternama.

Karena kurang paham, masih ada saja biker yang beli part vital ini secara ketengan. Semisal hanya rantainya saja, gir depan atau gir belakang yang dibeli satuan dan memang ada toko yang jual secara terpisah. Alhasil, ada juga konsumen beli part berkualitas apa adanya.

Nah, rangkaian komponen gir set yang paling sering dibeli adalah rantai dibanding gir. Karena rantai paling mudah jadi alasan penyebab kendur.

“Makanya jangan heran kalau di pasaran juga beredar macam-macam merek rantai. Mulai dari kualitas mahal hingga ecek-ecek (kacangan),” ujar Kurniawan dari PT Trivera Jaya, distributor gir dan rantai merek SSS.
Tapi, biar enggak salah pilih rantai, Kurniawan kasih panduan cara beli rantai roda yang kualitasnya pasti terjamin. Trik paling mudah yaitu selain melihat merek dan bentuk kemasan luar, pastikan juga kemasan wadah rantai yang rata-rata dari bahan plastik.

“Rantai yang bagus di kemasan plastik tempat rantai tidak banyak pelumasnya atau tidak terlalu becek. Kalaupun ada paling sedikit dan sekadar pengaman. Karena rantai bagus itu sudah ada pelumasan di bagian dalam mata rantai dan bukan dari luar,” wanti penjabat GM  Sales & Marketing itu.

Trus biar kinerja rantai sempurna, pelumas luar rantai dibersihkan pakai kain lain lap, sambil anting-anting rantai disetel ulang. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: