Bikers Perut Buncit, Awas Penyakit Mengintai!



Perut berlebih alias buncit bukan cuma gak asyik dilihat. Lebih dari itu, perut buncit ini menjadi indikator adanya penyakit laten yang sewaktu-waktu bisa menyerang.

Dr. Irfan Arifahmi menyebutkan bahaya seperti penyakit jantung dan kolesterol bisa menyerang bagi biker yang perutnya membuncit. “Akumulasi lemak berlebih ini akan menimbulkan resistensi insulin yang bisa menyebabkan gula darah dan kadar LDL alias lemak jahat meningkat,” kata dr. Irfan.

Menurutnya pola hidup dan makan yang salah menyebabkan pengendara menderita perut berlebih. “Faktor pemicunya lebih disebabkan seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori daripada jumlah yang dibutuhkan setiap hari. Kelebihan kalori inilah yang tersimpan dalam tubuh dan menjadi lemak. Kelebihan ini mestinya dibakar melalui kegiatan olahraga,” ungkapnya.

Salah satu indikator perut membuncit adalah kelebihan berat badan. Menurut Irfan ukuran ideal berat badan adalah tinggi badan dibagi 2 dikurang 10. Kalau lebih dari angka yang dipatok bisa dikategorikan brother kelebihan berat badan alias obesitas.

Untuk ukuran pinggang atau lingkar perut pria yang baik adalah kurang dari 90 cm. Kalau sudah lebih dari segitu tandanya asupan makan perlu dikurangi dan segera bakar lemak di badan dengan olahraga agar sehat. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: