Kunci Sehat Bikers Setelah Kehujanan, Segera Kembalikan Suhu Tubuh!



Awal musim hujan seperti sekarang ini diyakini banyak menimbulkan berbagai penyakit. Bener begitu? “Air hujan pada awal musim hujan biasanya masih bercampur debu. Sehingga bisa menyebarkan virus,” terang dokter Khairul yang praktik di Klinik Grup Meruya, Jl. Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Timbulnya penyakit bahkan tidak hanya disebabkan dari air hujan yang jatuh dari langit. Tetapi juga air hujan yang sudah menyapu tanah dan mengalir dari got atau selokan ke jalanan pun bisa membawa berbagai penyakit.

“Air yang tumpah di jalan bercampur dengan bakteri. Paling banyak terjadi adalah berkembangnya bakteri leptospira yang bisa menimbulkan penyakit leptospirosis. Bakteri ini berasal dari kencing tikus yang bercampur dengan air hujan,” tambah dokter berkacamata ini.
Ketika kehujanan, tubuh kita tentunya kedinginan. Penyakit mudah berkembang ketika tubuh mengalami perubahan suhu drastis seperti itu. Seperti saat kehujanan. Untuk menghindari penyakit setelah menerobos hujan, segera mandi. Mandi dengan air bersih dapat menstabilkan temperatur dingin yang dibawa oleh air hujan.

Selain itu bisa dilanjut dengan mengguyur badan dan rambut. Dengan mandi langsung bisa mencuci bersih semua kuman yang menempel di badan. Lalu ketika mengeringkan badan, temperatur tubuh akan secara bertahap kembali pada suhu normal.

Lalu hangatkan tubuh dengan minuman yang menghangatkan, seperti teh atau jahe hangat. Bisa juga langsung santap makanan berkuah hangat.  (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: