Pilih Sakelar Lampu Variasi, Sesuaikan Fungsinya



Jika dilihat dari fungsinya, sakelar lampu berfungsi sebagai penyambung dan pemutus aliran listrik. Seperti tombol lampu, klakson, sein, elektrik starter dan engine off. Selain itu beberapa tombol sakelar itu fungsinya berbeda–beda antara motor yang satu dengan yang lainnya.

Nah, karena bentuk dan modelnya bervariasi, saat ini banyak beredar dipasaran sakelar lampu aftermarket. Kualitas dari sakelar lampu aftermarket kualitasnya pun tidak jauh berbeda dengan sakelar lampu buatan pabrik.

Uniknya, sakelar lampu ini bisa diaplikasi untuk motor apa saja alias universal. Seperti switch dari KTC yang bisa diaplikasi untuk motor apa saja. “Sakelar itu sebenarnya sama saja, hanya posisi tombolnya saja yang beda,” ungkap Aphin dari Surya Motor.

Pada bagian kanan, switch seharga Rp 200 ribu hanya ada tombol elektrik starter dan tombol ON/OFF engine, sedangkan di sebelah kiri ada tombol klakson, headlamp dan lampu sein. “Pada bagian kiri sakelar ini berwarna krom jadi kesan sportynya dapat,” kata Aphin yang tokonya berada di Jl. Ciledug Raya No 28i, Tangerang.

Sedangkan varian lainnya seperti Domino punya karakter yang hampir mirip dengan sakelar asli bawaan pabrik. Dibagian sebelah kiri terdapat tombol klakson, lampu sein dan tombol lampu jauh dan dekat.

“Tapi, sakelar Domino ini hanya untuk motor matik seperti Hinda Vario dan Yamaha Fino,” beber Utomo Zjioe, juragan Tomo Speed Shop di Jl. Bendungan Jago Raya No. 6-7, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tapi, yang membedakan sakelar aftermarket dengan part asli pabrikan adalah jika sakelar pabrikan biasanya dijual tidak sepasang. “Karena yang rusaknya cuma sebelah, ngapain harus beli satu set,” bilang Andi Setiawan dari Jak Stand Racing yang berada di Jl. Ciledug Raya Ruko Puri Beta Petos Junction, Lot 7, No 2-6, Tangerang.  (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: