Kenali Mur Besar, Ada di Komponen Tertentu


Ukuran mur yang umum rata-rata enggak terlalu besar dengan desain hampir sama. Tapi, di motor juga ada mur ukuran besar dan bentuknya macam-macam. Mur besar kerap dipakai mengikat komponen gede pula. Membuat kekuatan ikatnya jauh lebih baik, terutama peranti yang bergerak atau berputar.

“Yang gampang dilihat mur as komtrir. Bentuk luarnya memang tidak seperti mur-mur umumnya, tapi menggunakan celah (got) sebagai media pengungkit untuk membuka dan menguncinya. Makanya harus menggunakan washer plate (kunci catok) sebagai kuncinya,” ujar Maman Sugiman alias Boim, kepala instruktur kursus mekanik HMTC cabang Depok.
Selain di komstir, mur besar juga bisa dilihat di sokbreker belakang. Mur ini biasanya dipakai di tabung sokbereker untuk mehanan pegas sok. Supaya bisa disetel kekerasannya. Rata-rata di sok variasi. Mengencangkan atau mengendorkannya pakai toolkit khusus.

Nah, kalau mur besar yang bentuk sama dengan mur biasa dapat dilihat di rumah CVT. Biasanya terpasang di mangkuk rumah kopling sentrifugal.

“Untuk membuka dan mengencangkan mur CVT ini harus pakai alat khusus. Namanya kunci ring mur sentrifugal,” jelas Boim yang bertugas di Jl. Tole Iskandar, Depok-Bogor. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: