Kotoran di Kembangan Ban, Berpotensi Merusak!



Kotoran yang nempel di tapak atau di kembangan ban motor, kalau bisa jangan dicuekin. Apalagi, ban ibarat sepatu atau sandal sebagai pelindung tapak kaki pada manusia. 

Sehingga, perlu juga dirawat dan dijaga agar tidak merusak semua bagian yang ada di ban. Sebab kotoran yang lama didiamkan, bisa bikin umur ban jadi pendek selain dapat mengurangi performanya.

Nah, di musim hujan kayak gini perawatan ban jadi sangat penting. Guyuran air di jalan membuat aspal atau beton jadi kotor oleh lumpur atau kerikil. Keduanya bisa dengan gampang nyelip di celah kembang ban. Selain bisa bikin slip waktu roda berputar, lumpur yang mengering atau kerikil di celah ban bisa bikin umur ban makin pendek.

Kotoran di sisi ban merusak kompon di sisi samping ban. Karena kotoran kering, kompon pun ikut kering. Lantaran tidak segera di bersihkan, akhirnya bagian luar ban yang paling vital jadi gampang pecah-pecah, retak-retak alias crack.

Sebaliknya jika debu atau kerikik yang nyelip di celah, malah bisa menimbulkan akibat lebih parah. Jika ada kotoran, saat mengelinding putaran ban jadi tidak balance. 

Memang tidak terasa di setang. Tapi justru itu makin bahaya. Bahkan jika ada genangan air, kembang ban jadi nggak maksimal memecah air. Akibatnya keausan ban tidak merata. Makanya, sering kejadian ban peyang alias habis tak rata. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: