Atasi Kopling KLX 150S Selip Saat Adventure




Oli mesin ditambah 200 ml (kiri) - Per kopling bisa diganjal ring biar lebih keras (kanan)
Kawasaki KLX 150S sudah lazim dipakai untuk adventure. Namun begitu, banyak pemiliknya yang berkeluh kesah, katanya kampas kopling mudah selip. “Apalagi kalau sering dipakai buat keluar-masuk hutan,” bilang Azis, pemilik KLX 150S yang tinggal di Ciputat, Tangerang Selatan.

Setelah konsultasi dengan beberapa bengkel, akhirnya dapat masukan. “Biasanya ada dua masalah yang didera seputar kopling. Per yang mudah lemah dan kampas kopling gosong,” jelas Keting, mekanik khusus trail yang buka bengkel di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Agar tekanan per lebih keras, dapat mengaplikasi pegas aftermarket yang speknya tidak lemes. Pegas ini sudah banyak beredar di pasaran. Bisa juga aplikasi milik Ninja 150R karena ukurannya sama. “Kalau mau lebih murah, ganjel aja pakai ring yang diameternya sama dengan per kopling itu. Tebal ring 2 mm,” tambah Keting lagi.

Oh ya, masalah kampas kopling yang kerap kering, menurut hasil pengamatan Keting penyebabnya posisi oli di dalam mesin. “Bak oli kelewat bawah. Posisi pelumas terlalu jauh dengan rumah kopling. Jadinya areal rumah kopling tidak terlumasi maksimal. Padahal oli dibutuhkan saat kampas kopling bekerja,” jelas mekanik ramah ini.

Itu lantaran volume oli yang direkomendasikan pabrikan yang tertulis 1.000 ml alias satu liter. Masih terlalu sedikit untuk melumasi kampas kopling. “Solusinya mudah, tinggal tambah saja sebanyak 200 ml. Jadinya oli jadi dalam mesin bisa melumasi rumah kopling sacara merata,” jelas Keting yang selalu meyarankan konsumennya untuk menambah oli saat aktivitas adventure.

Keting juga memberi saran biar pelumasan oli di rumah kopling lebih maksimal. Bisa pakai jurus melubangi bagian rumah kopling. “Itu untuk memudahkan oli masuk ke celah-celah atau bagian dalam kampas dan pelat koplingnya,” tutup Keting. So silakan dicoba!
(motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: