Subtitusi Sil dan Piston Master Rem Kawak Kaze



Sejatinya bisa saling tukar kalau memang kit piston master rem sulit dicari
Sil berikut piston master rem memang bukan part fast moving. Makanya lama kalau mau ganti. Tapi, bukan berarti nunggu rusak baru diganti. Justru bisa sangat bahaya lantaran lebih sering diabaikan. Sementara komponen ini termasuk vital.

Karena lama gantinya, tidak semua toko onderdil menjual kit piston master rem. Kalau pun ada, paling hanya merek motor tertentu yang populasinya paling banyak. Sementara pemilik motor enggak pasaran mesti lacak kemana-mana. Cuape deehhh..

Nah, biar enggak cape cari part satu ini, Nurfaizin kasih solusi. Pakai dari produk lain. “Contoh punya Kawak Kaze yang bisa dipakai ke beberapa motor, seperti di Honda Supra lama. Atau ke semua varian bebek Suzuki dan Yamaha RX series,” jelas mekanik di Jl. Bekasi Timur Raya, Km. 18, No. 20, Pulogadung, Jakarta Timur itu.

Dipilih punya Kawak Kaze, karena harganya lebih murah. Yang asli Rp 25 ribuan. Tentu dengan kelebihan bisa dia­dopsi ke beberapa merek motor. Makanya part ini dipilih, meskipun sejatinya semua bisa saling tukar dalam kondisi terpaksa.

“Maksudnya kalau kit master rem Kaze enggak ada di toko, bisa beli punya punya Supra Series atau bebek Suzuki. Begitu juga sebaliknya, meskipun konsekuensi harga jual agak lebih mahal,” wantinya.

Karena semua bisa saling tukar, pasti cara gantinya enggak jauh beda. Seperti melepas rumah master rem dari setang, slang dan tuas rem, lalu ring klip dibuka agar piston yang didukung pegas bisa keluar dari sangkarnya.

Setelah kit piston master rem diganti, jangan lupa buang angin minyak rem.  (motorplus-online.com)  

Tidak ada komentar: